Header Ads

Nirmana dwimatra titik 2D [ koleksi 1 ]

Nirmana dwimatra titik 2D [ koleksi 1 ]
Nirmana adalah penyatuan elemen visual seperti titik, garis, bidang, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang mengandung prinsip seni rupa seperti Kesatuan [unity], keseimbangan [balance], keserasian [harmony], irama [Rhytm], kesebandingan [proportion] dan Fokus perhatian [centre of interest].

Nirmana juga dapat diartikan sebagai hasil imajenasi atau pengolahan suatu benda dalam bentuk dwimatra atau twimatra yg memiliki keindahan atau memiliki prinsip- prinsip Seni rupa.

Macam-macam prinsip Seni Rupa yaitu :
1. Kesatuan (Unity)
Kesatuan merupakan paduan unsur seni rupa yang antara unsur satu dengan yang lain saling berkaitan. dengan kata lain tidak terpisah-pisah atau berdiri sendiri.
2. Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan merupakan prinsip pengaturan unsur rupa dengan memperhatikan bobot visual yang tidak berat sebelah atau rata .
3. Keserasian (Harmony)
Keserasian merupakan perpaduan unsur rupa yang selaras atau hubungan yang tidak bertentangan antara bagian satu dengan bagian lainnya.
4. Irama (Rhytm)
Pengulangan unsur-unsur rupa dalam sebuah tatanan akan menimbulkan kesan gerak bagi orang yang melihatnya. Kesan gerak inilah yang disebut irama. 
5. Kesebandingan (Proportion)
Kesebandingan atau lebih dikenal dengan sebutan proporsi adalah perbandingan ukuran unsur-unsurnya, baik perbandingan antar bagian maupun antara bagian terhadap keseluruhan.
6. Fokus Perhatian (Centre of interest)
Fokus perhatian sering disebut pula dengan dominasi. Dalam tatanan sebuah karya seni rupa selalu diupayakan terdapat satu bagian yang lebih menonjol dari bagian lainnya.
Nirmana dwimatra titik 2D

Nirmana dwimatra titik 2D

Nirmana dwimatra titik 2D

Nirmana dwimatra titik 2D

Nirmana dwimatra titik 2D

Nirmana dwimatra titik 2D

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.